NASIONAL

Wapres Ma’ruf Amin Bilang Pasar Muamalah Bikin Ekonomi Indosesia Rusak

wapres KH Ma"ruf Amin
keterangan wapres maruf amin terkait pasar muamalah

Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin/ Dinar Dirham dan Pasar Muamalah bikin Rusak ekonomi Indodesia

GARUTPLUS.CO.ID, NASIONAL – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerangkan praktik Pasar Muamalah bisa mempunyai potensi menghancurkan ekosistem ekonomi dan keuangan nasional karena setiap transaksi bisnis usahanya tidak mengikut ketentuan dan undang-undang yang sudah disepakati yang berjalan di Indonesia.

“Tujuannya mungkin untuk menegakkan pasar syariah, tetapi kan kita ada mekanisme dalam sistem kenegaraan kita. Sehingga, ketika itu kemudian ada suatu (praktik ekonomi) di luar itu, tentu itu akan merusak ekosistem daripada ekonomi dan keuangan nasional kita,” kata Wapres Ma’ruf dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Praktik ekonomi di Pasar Muamalah tidak bisa disebutkan sebagai rutinitas yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, kata Wapres.

Di Indonesia, ekonomi dan keuangan syariah digerakkan sebagai segi dari usaha penguatan proses ekonomi nasional.

Indonesia memiliki ketentuan dan lembaga keuangan berbasiskankan syariah yang memuat rutinitas ekonomi seperti proses keuangan nasional.

“Perbankan syariah di Indonesia ada aturannya, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ada aturannya dan undang-undangnya ada aturan pelaksanaannya, bahkan ada juga fatwanya dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI),” jelasnya.

Sampai, rutinitas Pasar Muamalah yang menjalankan bisnis menggunakan mata uang terkecuali rupiah terhitung bentuk penyimpangan dari proses keuangan nasional, tegas Wapres.

Pasar Muamalah, yang berpraktik di Jalan Tanah Baru, Depok, Jawa Barat sejak 2014, ialah rutinitas jual dan beli yang menggunakan mata uang dirham dan dinar dalam setiap transaksi bisnis usahanya.

Selain itu, biaya sewa ruangan untuk pedagang yang berjualan di pasar itu menggunakan mata uang Arab Saudi.

Belasan pedagang yang tergabung dalam Pasar Muamalah jual barang-barang kepentingan tiap hari, seperti makanan, minuman dan pakaian dengan menggunakan uang dirham dan dinar.

Polisi memutus pendiri Pasar Muamalah Zaim Saidi sebagai tersangka atas pasal 9 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 berkenaan Hukum Pidana dan pasal 33 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 berkenaan Mata Uang, dengan ancaman hukuman satu tahun penjara dan denda Rp200 juta.

Sebagai pengurus pasar, Zaim pastikan harga membeli koin dinar dan dirham seperti harga yang berjalan di PT Bermacam Tambang (Antam), dengan ditambahkan 2,5 % sebagai keuntungan.

Dinar yang digunakan dalam transaksi di pasar itu berupa koin emas seberat 4,25 gr dan emas 22 karat; sedang dirham yang dipakai berupa koin perak murni seberat 2,975 gr.***

Add Comment

Click here to post a comment

Feed Burner

Video

Review kendaraan pemadam yang cuman ada satu di dunia



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020