BERITA UTAMA METROPOLIS

Ratusan Petugas KB Terus Dilakukan Pembinaan Untuk Menekan Angka Laju Penduduk

Pembinaan kader KB se Garut yang dibagi menjadi empat wilayah

GARUTPLUS.CO.ID, GARUT – Ratusan petugas Pos KB Desa se-Kabupaten Garut Kegiatan Advokasi dan Informasi Komunikasi Edukasi (KIE), yang dibagi menjadi empat wilayah.

Advokasi KIE ini memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Bahkan di Indonesia secara nasional telah diprogramkan oleh pemerintah dengan istilah program Keluarga Berencana (KB).

Melalui kegiatan advokasi dan KIE inilah maka program KKBPK bergema di masyarakat dan mendapat dukungan semua pihak.

Ratusan petugas Pos KB Desa se-Kabupaten Garut mengikuti bimbingan teknisi (bimtek) Management Operasional Lini Lapangan (Moll).

Menurut Kabid KB Dinas Pengeloaan Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut Yayan Waryana.

Untuk bagian Utara dibagi menjadi dua Kecamatan yakni di Kecamatan Kadungora dan Leles. Sementara untuk bagian selatan yakni di Talegong, Caringin, dan Cikelet, untuk wilayah tengah ada di Tarogong Kaler dan Samarang.

Hal ini menurutnya sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas kader KB saat melakukan tugasnya.

“Saya ingin petugas lapangan ini memiliki kapasitas dan kapabilitas yang terus ditingkatkan,” ucapnya saat pelayanan KIE, Rabu (22/7).

Pihaknya mengatakan bahwa kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan petugas Pos KB Desa tentang perkembangan kebijakan dan strategi program keluarga berencana.

Menurutnya bimtek yang diselenggarakan sangat penting dilakukan. Lantaran, petugas Pos KB Desa merupakan garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Tujuan dari diselenggarakannya bimtek ini, untuk meningkatkan wawasan dan kinerja Pos KB Desa dalam melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” katanya.

Pengelolaan program KKBPK di Garut, dinilai tetap kokoh. Hal tersebut menurutnya, bisa dibuktikan dengan sudah dibentuknya Kampung KB disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

“Pos KB merupakan salah satu wadah kegiatan program KKBPK di setiap desa yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, peran Kader Pos KB Desa dinilai sangat penting. Terlebih lagi, saat ini kondisi jumlah penduduk di Kabupaten Garut semakin bertambah banyak dan hampir mendekati 3 juta jiwa.

“Untuk itu, peran Pos KB Desa sangat menentukan dalam pengendalian jumlah penduduk saat ini,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, kata Yayan pihaknya juga melakukan pembinaan IMP (institusi Masyarakat Pedesaan) dalam mendukung Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Diharapkan dapat terjalin koordinasi yang sinergis antara Dinas dengan para kader dan Sub KB dalam meningkatkan program KKBPK,” harapnya

Lebih lanjut, Yayan menjelaskan bahwa urusan pemerintahan bidang pengendalian penduduk dan KB merupakan kewenangan wajib yang dilakukan secara bersama sama oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

“Kita tidak bisa menyelenggarakan program KKBPK sendirian, diperlukan kemitraan yang sinergis untuk memperkuat pelaksanaannya,” ungkapnya.

Editor Hilal SH

Add Comment

Click here to post a comment

Video

Review kendaraan pemadam yang cuman ada satu di dunia



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020