BERITA UTAMA METROPOLIS

PNM Cabang Garut Targetkan Salurkan Dana Rp1,3 Triliun Bagi UMKM

Foto bersama nasabah PNM Garut saat menerima NIB

GARUTPLUS.CO.ID, GARUT – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Garut, Jawa Barat, menargetkan suntikan kredit bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga Rp 1,3 trilun tahun ini.

“Hingga Juni ini kami sudah menyalurkan (pinjaman kredit) hingga Rp 700 miliar wilayah Cabang Garut,” ujar Pemimpin PNM Cabang Garut Abu Hassan, selepas kegiatan Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko, Senin (13/6/2022).

Menurutnya, pertumbuhan nasabah PNM cabang Garut terus menunjukan peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hadirnya program Ulam dan Mekar mampu menarik minat pelaku UMKM, untuk menjadi mitra perusahaan.

“Awalnya kami hanya mengelola 10 unit, sekarang sudah 91 unit, dulu hanya mengelola 3.000 nasabah, sekarang sudah mencapai 300 ribu nasabah,” kata dia.

Abu menyatakan, kemudahan serta pendampingan usaha yang ditawarkan PNM, memberikan banyak kemudahan bagai pelaku UMKM dalam mengembangkan sayap usaha.

“Tahun ini kami diminta menyalurkan hingga Rp 1,3 triliun, mudah-mudahan optimis tercapai,” ujar dia.

Selain itu, kehadiran pembiayaan dua program perusahaan yakni Ulam yang diperuntukan bagi perorangan, serta Mekar pembiayaan berbasis kelompok, mampu menjadi alternatif pembiayaan yang mudah bagi warga.

“Mekar itu bukan bank emok, kantornya ada, stuktur organisasinya ada, kami memiliki legalitas resmi dari OJK, yang jelas PNM bukan bank emok,” ujar dia menegaskan.

Abu menambahkan, tahun ini PNM menargetkan penambahan nasabah hingga mencapai angka 14 juta, dari total sebelumnya sebanyak 11,872 juta nasabah hingga 13 Juni lalu.

“Khusus Garut kami kebagian penambahan nasabah hingga mencapai 323 ribu dari tahun ini di angka sekitar 300 ribuan nasabah,” ujar dia.

Pelatihan Usaha

Untuk mendukung upaya peningkatan kapasitas dan kualitas nasabah, ratusan nasabah PNM Garut yang berasal dari enam kecamatan di Garut, mengikuti pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) bagi nasabah.

Melalui program ‘Temu Usaha Nasabah Mekaar (TUNM)’ sekitar 300 nasabah dari kecamatan Karangpawitan, Sukawening, Wanaraja, Pangatikan, Cibatu dan Garut Kota, mendapatkan bimbingan usaha agar mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Ibu-ibu yang hadir di sini hebat dan tangguh dalam berusaha, namun tetap kita bantu agar pada saat usahanya meningkat dan berkembang, legalitas usahanya sudah siap,” kata dia.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Garut Wahyudijaya mengatakan pelatihan wirausaha yang dilakukan ratusan nasabah program Mekaar itu, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan mereka, terutama dalam menyiapkan legalitas usaha.

“Kami sangat mengapresiasi program PNM PKU yang membina para pelaku usaha ini, terutama ibu-ibu agar memiliki ijin usaha seperti NIB,” ujarnya singkat.***

Add Comment

Click here to post a comment

Text

Video

Review kendaraan pemadam yang cuman ada satu di dunia

Feed Burner



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020