BERITA UTAMA METROPOLIS OTOMOTIF

Pekan yang Sulit Mendapatkan Set-Up Motor, Rossi Pede GP Ceko Bisa Naik Podium

Valentino Rossi bersama rekan satu tim Maverick Vinales (foto Crash.net)

GARUTPLUS.CO.ID, MOTOGP – Pembalap MotoGP Legendarsi, Valentino Rossi sukses naik podium di MotoGP Andalusia 2020 pekan lalu. Valentino Rossi berhasil menjadi juara ketiga saat MotoGP Andalusia 2020 di sirkuit Jerez, Minggu 26 Juli 2020.

Sebelumnya di MotoGP Spanyol 2020, ia gagal finis setelah mengalami kerusakan di motor MotoGP Yamaha YZR-M1. “Rossi sangat kecewa setelah MotoGP Spanyol,” ungkap Lin Jarvis, bos Yamaha MotoGP dikutip dari Crash.net.

Rossi bersama kru Monster Yamaha-nya berusaha keras untuk menempuh jalan mereka sendiri dengan set-up sepeda, sebelum mengakhiri podium 17-ras Italia yang mengalami kekeringan di Andalucia akhir pekan lalu.

Rosii mengaku tidak nyaman settingan motor yang membawa kesuksesan besar oleh Maverick Vinales dan Fabio Quartararo, pembalap Italia itu pada gilirannya tidak cukup cepat untuk meyakinkan Yamaha bahwa itu adalah motornya dan bukan gaya mengendarainya yang perlu diubah.

Tapi balapan pembukaan musim yang kurang bersemangat, diakhiri dengan kegagalan mesin saat berada di tempat kesepuluh, tampaknya menjadi pukulan terakhir. Juara dunia sembilan kali itu kemudian menyebutnya “terlalu buruk untuk menjadi nyata”.

Sebagai tanggapan, menurut direktur pelaksana Yamaha Racing Lin Jarvis, Rossi dan krunya berhasil berkampanye untuk perubahan radikal pada putaran kedua berdasarkan ‘tidak ada ruginya’.

“Vale sangat kecewa setelah akhir pekan pertama. Kami memutuskan untuk mengubah sesuatu, ia benar-benar ingin mencobanya karena tidak ada ruginya,” kata Jarvis kepada BT Sport.

“Tapi kadang-kadang mengubah pikiran para insinyur Jepang tidak sesederhana itu. Karena kita memiliki banyak data dan informasi (untuk pengaturan saat ini) dan yang lainnya berjalan cepat, jadi mengapa pergi ke arah yang berbeda ini?”

Jarvis menambahkan: “Kalian punya orang lain yang lebih cepat – jelas Fabio dan Maverick, tetapi juga Frankie – dan sebagian besar Yamahas kami punya rentang pengaturan yang sangat mirip. Zona tempat mereka bekerja cukup umum.

“Tetapi Vale berjuang untuk mengatasi hal itu, untuk merasa nyaman dan membuatnya bekerja untuknya selama satu setengah musim terakhir, saya akan mengatakan.”

Garis waktu yang kira-kira bertepatan dengan Vinales memuji terobosan kinerja setelah bergeser berat ke bagian belakang M1-nya di babak Buriram 2018.

Rossi menegaskan keseimbangan berat adalah masalah inti: “Dalam beberapa tahun terakhir Yamaha mengalami banyak degradasi ban belakang. Jadi pada akhir 2018 dan awal 2019 mereka mulai menyeimbangkan sepeda untuk menghemat ban.

“Itu sangat bagus untuk Maverick dan Fabio. Bagi saya, itu bagus pada awalnya karena saya melakukan dua podium [di Argentina dan Austin 2019], tetapi saya tidak memperbaiki masalah dengan ban dan juga saya tidak bisa mengendarai sepeda [seperti yang saya inginkan] karena rasanya sangat berbeda, terutama ketika saya memasuki tikungan.

“Terlepas dari dua podium di awal musim. Saya selalu memiliki masalah yang sama.”

Tapi sementara Rossi berkubang, Vinales dan Quartararo berubah dari kekuatan ke kekuatan.

“Ketika Anda mengendarai sepeda yang sama dengan Fabio dan Maverick dan mereka bisa begitu cepat, begitu kuat, Yamaha berpikir bahwa saya harus mengendarai seperti mereka,” kata Rossi.

Add Comment

Click here to post a comment

Video

Review kendaraan pemadam yang cuman ada satu di dunia



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020