GARUTPLUS.CO.ID, GARUT – Okupansi hotel di objek wisata Cipanas, Kabupaten Garut pada malam tahun baru sudah mencapai 90 persen lebih. Para wisatawan mulai memesan hotel sejak satu bulan lalu.

Menurur Front Office Manager Cahaya Villas Hotel, Ivi D Sunardi, mengatakan sebanyak 50 kamar hotel sudah habis dipesan untuk malam tahun baru. Total kamar hotel yang tersedia di hotelnya sebanyak 54 kamar.

“Sudah 92 persen dibooking. Bahkan sejak satu bulan lalu sudah dipesannya. Hanya sisa empat kamar yang masih kosong,” ujar Ivi, Rabu (26/12).

Di malam tahun baru, lanjutnya, tak ada acara khusus yang digelar pihak hotel. Kebanyakan wisatawan datang hanya ingin berlibur menikmati suasana alam di Garut.

“Saya optimis bisa 100 persen dibooking kamar hotel. Saat libur natal kemarin saja, semua kamar terisi,” katanya.

Harga yang ditawarkan di malam pergantian tahun, tuturnya, tidak jauh berbeda dengan hari biasa. Mulai dari Rp 1.250.000 untuk executive room hingga Rp 3 juta untuk villa room.

“Wisatawan keluhkan jalan yang macet dari Bandung ke Garut. Soalnya bisa sampai lima jam perjalanan,” ucapnya.

Direktur Umum Sabda Alam, Beni Hidayat, menyebut okupansi hotel di tempatnya masih mencapai 50 persen. Padahal di tahun sebelumnya, seminggu menjelang tahun baru semua kamar hotel sudah terisi.

“Keluhan macet jadi salah satu faktornya. Sama tingkat daya belinya juga berkurang jadi berdampak ke kunjungan wisatawan,” ujar Beni.

Harga yang ditawarkan Sabda Alam untuk malam tahun baru yakni Rp 1.750.000 untuk kamar standar dan Rp 8 juta untuk bungalow. Beni menyebut saat pergantian tahun baru, tak ada acara khusus yang diselenggarakan pihak hotel.

“Paling hanya fasilitas hiburan biasa saja. Kami juga membagikan voucher bagi tamu hotel,” katanya. (rls/wcs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here