BERITA UTAMA METROPOLIS

DPPKBPPPA Menggandeng Para Pengusaha Kampanyekan Stop Kabur Melalui TikTok dan Poster

Bunda FAD Garut sekaligus Bunda GenRe Garut, Diah Kurniasari menyerahkan secara simbolis hadiah kepada para Juara Lomba TikTok Challenge Program STOP KABUR di Aula Dinas PPKBPPPA Garut yang bertempat di Jl. Terusan Pahlawan, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut

GARUTPLUS.CO.ID, GARUT – TikTok suatu aplikasi yang saat ini digunakan tidak hanya kalangan anak muda, bahkan berbagai usia kini menggandrunginya. Aplikasi Tik Tok kini menjadi salah satu media yang dimanfaatkan dalam mengkampanyekan berbagai hal positif dengan tujuan mengubah perilaku individu atau kelompok.

Demikian pula yang dilakukan Pemerintah (Pemkab) Garut, belakangan gencar mengkampanyekan Strategi Optimalisasi Pencegahan Kawin Anak Bawah Umur atau disingkat Stop Kabur.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli lalu, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Garut menggelar Lomba Poster dan Tiktok Terkait dengan Stop Kabur.

Pemenang dalam lomba Poster dan Tiktok ini pun cukup beragam, mulai dari jenjang SMP sampai ke perguruan tinggi. Kepala DPPKBPPPA Garut, Yayan Waryana, menuturkan tujuan dari lomba ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak dan remaja tentang pentingnya pencegahan pernikahan di usia dini.

“Kita ingin memberikan sebuah pemahaman terhadap para anak dan remaja betapa pentingnya penundaan pencegahan anak untuk kawin dibawah umur, karena ini (kawin dibawah umur) akan memberikan implikasi akibat-akibat yang ditimbulkan dari kawin dibawah umur, salah satu diantaranya ketahanan keluarga ini akan lemah akan rapuh.” Ujar Yayan Waryana, di sela-sela pemberian hadiah lomba di Aula DPPKBPPPA Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (20/8/2021).

Diah Kurniarsari, Bunda FAD, sekaligus Bunda GenRe Kabupaten Garut, meyambut baik antusiasme anak-anak Garut dalam mengikuti lomba ini, sehingga ia berharap tahun depan acara seperti ini bisa lebih gebyar.

“Mudah-mudahan di tahun depan kita bisa membuat gebyar acara ini karena saya lihat antusias anak-anak khususnya anak-anak daerah di Forum Anak Daerah ini sangat mengharapkan acara-acara seperti ini. Jadi mudah-mudahan di tahun depan ini bisa jadi lebih gebyar lagi ya,” ujar Bunda Diah.

Ia mengungkapkan sebagai Bunda FAD dan Bunda GenRe Garut ia akan selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh FAD ataupun GenRe Kabupaten Garut.

Disisi lain, salah satu peserta yang menjadi Juara 1 dalam Lomba Poster, Vika Martina yang juga merupakan mahasiswa dari Universitas Garut, mengungkapkan bahwa lomba tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap anak-anak yang mempunyai potensi di bidang yang dilombakan, sehingga bakat, minat, dan keterampilan yang dimiliki bisa disalurkan.

Ia juga merasa bangga dan bersyukur karena bisa mrnjadi Juara 1 dalam Lomba Poster yang diadakan oleh DPPKBPPPA Garut.

“Tentu sangat bangga dan senang juga bersyukur karena tidak pernah menyangka akan menjadi juara setelah melihat begitu banyak antusias partisipan yang ikut dalam acara tersebut,” ujar Vika saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp.

Senada dengan Vika, Juara 1 Lomba Tiktok Chalenge DPPKBPPPA, Hardini Febrianti, yang juga sama merupakan mahasiswa Uniga, menuturkan rasa syukurnya karena bisa meraih hasil maksimal dari lomba tersebut. Walaupun ia mengatakan bahwa sebelumnya ia tidak terlalu berekspetasi menang karena melihat karya-karya dari peserta lain juga sangat bagus.

Hardini mengungkapkan salah satu alasan dirinya ikut berpartisipasi dalam lomba ini adalah untuk ikut serta dalam pencegahan pernikahan usia dini.

“Niat awal saya ikut lomba ini ingin ikut serta dalam upaya pencegahan kawin anak karena di daerah saya ini banyak sekali kasus kawin anak.” tandasnya.

Lomba yang digagas oleh Dinas PPKBPPPA ini diikuti oleh kurang lebih 435 orang yang terdiri dari berbagai jenjang tingkat pendidikan dari mulai SMP hingha Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Garut.

DPPKBPPPA, unsur pendidikan siswa siswa SLTP,.SLTA, PT, menggandeng komunitas remaja Forum.Anak Daerah, Ribut, Genre, Kirana, Pos KB, dan peranan Media untuk .menyebarkan informasi.

Berikut para pemenang dalam lomba yang diadakan oleh DPPKBPPPA Garut :

• Pemenang Lomba Poster

  1. Juara 1 – Vika Martina (UNIGA)
  2. Juara 2 – Ade Kartiwan (SMAN 16 Garut)
  3. Juara 3 – Hasbi Kisan (UNIGA)
  4. Harapan 1 – Muthia Raisya (SMPN 2 Tarogong Kidul)
  5. Harapan 2 – M. Hilmi (SMAN 1 Garut)
  6. Harapan 3 – Kemala Dwi (SMAN 11 Garut)
  7. Juara Favorit – Siti Sadiyah (IPI Garut)

• Juara Lomba Tiktok Challange :

  1. Juara 1 – Hardini (UNIGA)
  2. Juara 2 – Salsabila (SMAN 7 Garut)
  3. Juara 3 – Cinta Shafa (SMPN 1 Garut)
  4. Harapan 1 – Teorema Navisa (SMPN 1 Cibatu)
  5. Harapan 2 – Sifa Nuralfiyah (Pasirwangi)
  6. Harapan 3 – Nuriyah Afifah (SMAN 7 Garut)
  7. Juara Favorit – Dadan Gafar (OSIS SMPN 1 Tarogong Kaler)

Add Comment

Click here to post a comment

Text

Video

Review kendaraan pemadam yang cuman ada satu di dunia

Feed Burner



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020