BERITA UTAMA METROPOLIS NASIONAL

Cek Cuaca Hari ini, Jateng Diprediksi Hujan dan Banjir

Ilustrasi cuaca (net)

GARUTPLUS.CO.ID, NASIONAL – Propinsi Jawa tengah (Jawa tengah) diprediksikan akan mempunyai potensi banjir/banjir besar dengan status Waspada pada 16-17 Februari 2021. Ini dikeluarkan oleh Prakiraan cuaca berbasis efek (IBF) yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Seminggu di depan curahan hujan intensif lebat diprakirakan masih mempunyai potensi terjadi, warga disarankan masih waspada imbas yang bisa diakibatkan cuaca berlebihan,” kata Deputi Sektor Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Selasa 16 Februari 2021.

Riset BMKG memperlihatkan jika keadaan dinamika atmosfer yang tidak konstan dalam sekian hari di depan bisa tingkatkan kekuatan perkembangan awan hujan di sejumlah daerah Indonesia.

Ini disebabkan karena monsun Asia yang memimpin daerah Indonesia dan diperkokoh oleh aktifnya Gelombang Rossby Ekuatorial dan Gelombang Kelvin di beberapa daerah Indonesia.

Disamping itu, ada pusat penekanan rendah di daerah utara Indonesia dan di Australia sisi utara bisa memengaruhi skema arah dan kecepatan angin hingga tingkatkan kekuatan perkembangan awan hujan di seputar daerah Indonesia.

Berdasar riset itu, BMKG memprakirakan kekuatan hujan deras yang bisa dibarengi petir dan angin ribut seminggu di depan yakni di Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Dan di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

“Masih siaga dan waspada pada imbas yang bisa diakibatkan oleh keadaan cuaca berlebihan seperti banjir, tanah longsor, banjir besar, kubangan, angin ribut, pohon roboh, dan jalan licin,” lebih ia.

BMKG memprakirakan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 – 4 mtr. atau kelompok tinggi berkesempatan terjadi di Laut Natuna Utara, Perairan utara Kepulauan Anambas – Kepulauan Natuna, Perairan utara Sabang, Perairan barat Aceh sampai Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano – Bengkulu, Perairan barat Lampung, Selat Sunda sisi barat dan selatan.

Dan di Perairan selatan Jawa sampai Pulau Sumba, Samudra Hindia barat Sumatera sampai selatan NTT, Laut Jawa, Laut Sumbawa, Laut Flores, Laut Banda, Laut Arafuru sisi timur, Laut Sulawesi sisi timur, Perairan Kepulauan Sangihe – Kepulauan Talaud, Laut Maluku sisi utara, Perairan utara dan timur Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, Perairan utara Papua Barat sampai Papua, Samudra Pasifik utara Halmahera sampai Papua.***

Add Comment

Click here to post a comment

Feed Burner

Video

Review kendaraan pemadam yang cuman ada satu di dunia



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020