BERITA UTAMA METROPOLIS

Bupati Garut Resmi Buka PORKAB Garut Tahun 2021

Pelaksanaan Pembukaan PORKAB 2021 oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan secara langsung di Sarana Olahraga Merdeka Kerkof, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (24/10/2021).

GARUTPLUS.CO.ID, GARUT – Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) 2021 di Kabupaten Garut telah resmi dibuka Bupati Garut, Rudy Gunawan, di Sarana Olahraga Gelora Merdeka Kerkoff, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (24/10/2021). Pembukaan PORKAB 2021 ini berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Garutkab TV.

Prosesi Pembukaan PORKAB 2021 ini diawali dengan aksi dari atlet paralayang yang mengitari Lapangan SOR Kerkof, kemudian dilanjutkan dengan parade devile dari 42 kecamatan dengan diwakili oleh 15 orang per-kecamatan.

Acara Pembukaan ditandai dengan penyalaan Api Obor PORKAB 2021 yang dinyalakan secara simbolis oleh Ainun Kuswandi, Atlet Tarung Derajat yang berhasil menyabet medali Perunggu pada perhelatan PON 2021 Papua.

PORKAB Garut 2021 ini diikuti oleh 6098 atlet dengan 19 Venue serta memperebutkan 654 emas, 654 perak, dan 927 perunggu. Sementara kontingen terbanyak berasal dari Kecamatan Tarogong Kidul dengan menurunkan 342 atlet dan mengikuti 26 Cabor pada Porkab Tahun 2021.

Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah sarana untuk membina para atlet serta meningkatkan prestasi melalui ajang PORKAB Garut 2021 ini.n“Saya berharap bahwa ini merupakan bagian dari bagaimana kita membina atlet-atlet dan mempertandingkannya supaya kita bisa mengukur keberhasilan daripada pembinaan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut juga menyinggung terkait sarana prasarana olahraga, di mana menurut Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional pemerintah wajib membuat sarana prasarana keolahragaan yang meliputi Olahraga Pendidikan, maupun Olahraga Rekreasi.
Oleh sebab itu ia berharap pemerintah daerah dengan DPRD bisa menyelesaikan Gedung Olahraga yang ada di Ciateul, dan menyelesaikan beberapa venue-venue, termasuk Gelanggang Olah Raga Merdeka Kerkoff yang legendaris ini.

Rudy juga berharap, para camat di Kabupaten Garut dapat menggelorakan semangat kepada para atlet agar bisa meraih prestasi dan menjadi pemenang dalam PORKAB 2021 ini. “Saya berharap para camat dan KOK bersemangat, untuk bisa menjadikan olahraga bagian dari mental spritual kita untuk anak-anak. Insyaallah saya akan berunding dulu nanti dengan pimpinan DPRD dalam waktu beberapa hari ini, kami akan memberikan hadiah-hadiah besar bagi kecamatan-kecamatan yang berhasil,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Jawa Barat, Ahmad Saefudin menyampaikan bahwa salah satu keberhasilan Jawa Barat di bidang keolahragaan adalah dengan adanya event olahraga di tingkat kabupaten sampai dengan tingkat provinsi. Porkab, menurutnya, adalah stimulasi kohesivitas dari semua unsur penting, sehingga Jawa Barat menjadi lebih baik lagi dari provinsi yang lain.

Ahmad berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut yang telah menggelar PORKAB 2021, ia medukung perhelatan PORKAB 2021 di Kabupaten Garut agar prestasi di bidang olahraga khususnya di Kabupaten Garut bisa meningkat. “Saya hanya ingin menyampaikan sekali lagi terima kasih, rasa hormat, dan rasa bangga, mudah-mudahan kegiatan Porkab ini menjadi level berikutnya untuk bisa mendukung kepada Pekan Olahraga Provinsi, yang tentunya investasi untuk prestasi olahraga Kabupaten Garut harus bener-bener terwujudkan,” pungkasnya.

Add Comment

Click here to post a comment

Text

Video

Review kendaraan pemadam yang cuman ada satu di dunia

Feed Burner



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020