BERITA UTAMA METROPOLIS

Berikut Amalan-Amalan yang Dapat Dilaksanakan Saat Jemput Malam Lailatul Qodar

Ilustrasi menjemput malam Lailatul Qadar (net/ist)

GARUTPLUS.CO.ID, MUSLIM – Malam Lailatul Qodar sebagai malam yang paling dinanti-nantikan oleh umat muslim yang jalankan beribadah puasa. Berikut amalan-amalan yang dapat dilaksanakan saat jemput malam Lailatul Qodar.

Beberapa ulama yakini bila malam Lailatul Qodar dipercaya tiba saat malam ganjil puasa Ramadhan 2021.

Meksi telah lewatkan pada malma ganjil pertama saat malam Minggu, 2 Mei 2021 sebagai malam ke-21 atau malam ganjil pertama di 10 hari akhir yang mempunyai potensi sebagai malam Lailatul Qadar.

Tetapi tetap ada banyak kekuatan malam Lailatul Qadar sebagai malam khusus karena amalan pada malam itu sama dengan 1.000 bulan.

Seperti dikutip GarutPlus dari Nu Online, berdasar info Al-Qur’an dan As-Sunnah, disebut jika dalam bulan Ramadhan ada satu malam yang nilainya lebih bagus dari seribu bulan. Malam yang cantik itu disebutkan Lailatul Qadar atau malam kemuliaan.

Jika seorang muslim kerjakan kebaikan-kebaikan pada malam itu, karena itu nilainya lebih bagus dari kerjakan kebaikan sepanjang seribu bulan atau seputar 83 tahun sampai 84 tahun.

Lailatul Qadar seperti diterangkan dalam Al-Qur’an ada pada surah al-Qadar atau surat ke-97. Dia terdiri dari lima ayat.

Maknanya : Sebenarnya Kami sudah turunkan (Al Quran) saat malam kemuliaan. (1) Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu?.(2) Malam kemuliaan itu lebih bagus dari seribu bulan.(3) Saat malam tersebut turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk mengendalikan semua masalah. (4) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai keluar fajar (5)

Diambil dari bermacam sumber, berikut amalan-amalan apa yang perlu dilaksanakan saat Lailatul Qadar saat malam ini.

  1. Membaca Alquran

Membaca Al-Quran termasuk juga ke beribadah paling penting antara ibadah-ibadah yang lain khususnya di waktu malam Nuzulul Quran. Tidaklah aneh, kelebihan membaca Al-Quran dapat digolongkan pada umumnya atau khusus. Seperti yang telah diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir:

Maknanya: Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebagus-baiknya beribadah umatku ialah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).

  1. Sholat Malam

Shalat Tahajud sebagai sholat sunnah yang dilaksanakan sesudah seorang tidur walau cuman sesaat.

Tidur ini sebagai persyaratan khusus untuk melakukan shalat tahajud. Bila dilaksanakan saat sebelum tidur, karena itu shalat itu seperti sholat sunnah lain seperti witir.

Ada beberapa kelebihan melakukan sholat malam, khususnya pada bulan Ramadhan. Salah satunya, dosa kita diampuni atas ijin Allah.

  1. Tadabur Alquran

Alquran itu direnungkan sering diistilahkan dengan tadabbur, dalam KBBI disebutkan dengan tadabur. Tadabbur ini penting karenanya tadabbur, kita bisa ambil pelajaran-pelajaran penting sampai Alquran dapat diamalkan didalamnya.

Ini kondisinya berlainan sekali bila kita cuman membaca Al-Qur’an atau mengingatkannya, tanpa pahami makna, pahami tafsirannya, sampai tadabbur.

  1. Itikaf

Itikaf jadi salah satunya sunnah yang umum dilaksanakan umat Islam di 10 malam paling akhir bulan Ramadhan. Hal tersebut dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW saat hidupnya sampai wafat.

Itikaf jadi amalan yang disarankan saat malam Nuzulul Quran. Amalan yang dapat kita lakukan sepanjang i’tikaf adalah membaca Al Quran dan artinya, berzikir, berdoa, atau melakukan sholat malam.

  1. Banyak Berdoa

Berdoa saat di waktu malam Nuzulul Quran jadi sebuah kelebihan yang luarbiasa. Apa lagi berdoa meminta yang selalu diharapkan.***

Add Comment

Click here to post a comment

Feed Burner

Video

Review kendaraan pemadam yang cuman ada satu di dunia



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020



DATA COVID-19 DI KABUPATEN GARUT

TOTAL POSITIF

26

ORANG

Positif
TOTAL SEMBUH

23

ORANG

Sembuh
TOTAL MENINGGAL

3

ORANG

Meninggal
INDONESIA

POSITIF 72,347 orang, SEMBUH 33,529 orang, MENINGGAL 3,469 orang

Indonesia
Sumber data : Survellans Dinas Kesehatan Kab. Garut | Update terakhir : Jumat, 10 Juli 2020